image1 image2 image3

HELLO I'M JOHN DOE|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL WEB DEVELOPER

Andai Kata Kisah Hidupmu Diangkat Jadi Film

source: uglyforeverblog.com

Belakangan ini, aku suka nonton. Hobi baru yang aku geluti sekadar menghabiskan waktu istirahat makan siang di kantor atau menghabiskan akhir pekan yang nggak dipakai kemana-mana. Jangan tanya bahan tontonannya diambil dari mana, ya pasti seluruh dunia sudah tahu kalau gratisan itu jauh lebih nikmat dari yang harus dibeli dari uang saku sendiri. Jadi aku biasanya bakal download di tengah malam pake internet gratisan bulanan yang kuotanya nggak pernah abis-abis sampai akhir tanggal masa berlaku (ini jujur loh).
Dari sekian puluh judul film yang sudah aku tonton, hampir semuanya punya minimal satu pelajaran hidup yang bisa dipetik. Kita bicara film yang aku tonton dari awal tahun aja kali ya (karna kita anak kekinian sukanya yang masa kini #apasih). Nah contohnya ni film La La Land (kalau ini jujur nonton di bioskop ya), salah satu film fenomenal dan pencetak sejarah Hollywood tahun 2017, ini terbilang menarik buatku. La La Land adalah film musical yang buat pecinta musik kayak aku ini, pasti bakal langsung jatuh cinta for the first sight. Tapi yang lebih menarik lagi dari film ini adalah alur ceritanya, kenapa? Satu-satunya pesan penting yang aku bisa tangkap dari film ini sesungguhnya membuktikan kalau realita dan mimpi itu memang selalu nggak synkron. Realita itu memang selalu lebih pahit dari impian indah yang kita hayalkan. Dan film ini jelas sekali mengangkat kisah realita hidup dunia selebrity Hollywood (yang juga pasti banyak terjadi sama kita-kita manusia biasa ini), yang menduakan cinta hanya demi uang, popularitas dan kenyamanan duaniawi. Sedih memang tapi begitulah adanya hidup! Jadi jangan salahkan kalau banyak cewek cantik yang milih pria tajir melintir muka pas-pasan ato cewek cantik yang ngegaet om-om kaya ya.

Lalu ada film MOANA. Nah buat kalian yang udah nonton film ini pasti setuju 101% kalau film ke-hawai-hawai-an ini juga sukses mencuri hati anak-anak kita ya. Nggak sekadar jenaka, tapi MOANA adalah fim yang mengajarkan kita soal menjadi berani. BE BOLD. Nggak bergantung sama apa kata orang. Mau orang merendahkan, meremehkan, tapi kalau kita sudah punya panggilan atau impian dalam hidup, yowes, jalan aja trus. Tancar gas aja deh! Film ini ngajarin kalau kita memang harus tahu siapa kita, dan kita diciptain untuk jadi sosok yang berani melangkah menggapai mimpi, mengikuti suara hati kita sendiri. Nah, kalau mau tahu lebih lengkapnya harus nontonlah!
Masih banyak film lain sih yang punya moral lesson yang baik. Contohnya ini film-film lain kayak Inside Out, yang benneran top markotop abis bikin mewek. Ato kayak Zootophia, yang ngajarin supaya kita jangan sekali-kali ngeremehin orang-orang kecil atau yang kelihatan bukan siapa-siapa. Ato kayak Hacksaw Ridge Mel Gibson, yang action abis, film si burung Mackaw Rio 2 yang jenaka. Dan mungkin film-film animasi pendek juga bisa kasih kita inspirasi hidup loh. Misal nih kayak film Piper, si burung pemalu yang jadi pemenang Oscar untuk kategori Short Animation Movie 2017.  
Sama kayak film, hidup kita itu juga sebenarnya kalau dipikir-pikir persis kayak film juga loh. Kog bisa? Ya, tiap hari kita ngabisin waktu 24 jam ada di sekitar orang-orang. Kita ngejalanin peran dimana yang jadi aktor utamanya ya diri kita sendiri. Kita ngelakuin ini itu dan ada result yang kita dapat dari action itu. Hidup nggak selamanya mulus, ada masanya kita ngalamin klimaks atau puncak waktu kita ketiban masalah atau ngalemin cekcok sama orang-orang yang kita sayangi, konflik sama rekan kerja, masalah bisnis, impian kita mandet di tengah jalan, kecelakaan yang bikin fisik kita cacat, putus cinta. Masalahnya macem-macem deh pokoknya, mulai kelas ringan sampai kelas berat.
Ragam kisah yang kita alamin ini juga yang kebanyakan diangkat di film-film dan berharap banyak orang bisa terinspirasi atau terdorong hidupnya setelah nonton film itu. Satu kasus yang sama mungkin bisa dialami sama lebih dari sepuluh orang dan kisah ini benar-benar nyata.
Memang sih, apa yang ditayangin di film-fim nggak semuanya pure sama kayak cerita aslinya. Ada beberapa adegan yang mungkin ditambah, atau didramatisir supaya interest nya dapet. Tapi tetap aja hal yang paling kita tunggu-tunggu dalam sebuah jalannya cerita adalah endingnya. Mau sad atau happy. Atau malah nggak kedua-duanya. Dan waktu kita sampai di ending film, kita cuma perlu satu kata buat ngegambarin kesan yang kita dapet dari film itu. Bagus, Biasa atau Jelek!
Akhir kisah kita masing-masing pastinya bakal berbeda-beda. Ada yang punya akhir bahagia, ada yang sad. Hasilnya adalah hasil yang kita tulis sendiri di buku kehidupan kita. Karena selain jadi pemeran utama, kita juga penulis atas cerita hidup kita sendiri. Kalau boleh pilih, kamu pengennya cerita hidup kamu kalau diangkat jadi film pengennya kamu mau kasih pelajaran apa ya sama penontonmu? Inspiring kah, motivated kah, happy, biasa aja atau sad? Jawabannya kamu sendiri yang nentuin.

Share this:

CONVERSATION

0 comments: